Minggu, 11 April 2010

Potong Gigi



Mepandes atw potong gigi bisa juga disebut Mengikis gigi menghilangkan sifat buruk manusia,yg dalam agama hindu dikenal dengan Sad Ripu atw 6 musuh dalam diri manusia. Inilah tradisi masyarakat Hindu-Bali dalam Mepandes. Ritual yang juga disebut Metatah ini digelar saat anak beranjak dewasa atau sebelum menikah. Tak heran, sebuah upacara potong gigi gratis yang digelar untuk masyarakat kurang mampu ( metatah masal)ramai peminat.

Berbalut busana putih dan kain kuning, deretan anak-anak ini bersiap mengikuti upacara. Tabuhan gamelan gender mengiringi upacara yang melibatkan 15 sangging atau tukang potong gigi,yg biasanya adalah seorang pemangku atw sulinggih. Mepandes dibuka dengan Mabhyakala dan Maprayascita atau penyucian diri.

Saat potong gigi dimulai, para remaja merebahkan diri dan membuka mulut lebar-lebar. Enam buah gigi diratakan dengan alat kikir. Ini melambangkan menghapus enam sifat buruk manusia, yakni, nafsu, rakus, marah, mabuk, bingung, dan dengki.

Upacara ini biasanya digelar individual yang bisa menghabiskan biaya puluhan juta rupiah. Untuk itu upacara digelar secara massal agar dapat menghemat biaya tanpa mengurangi nilai-nilai inti upacara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar